anak-kecil-pegang-hp

Efek samping Gadget terhadap tumbuh kembang anak 2


Maraknya perangkat pintar  seperti Smartphone dan tablet tidak hanya di dominasi oleh para oranak-kecil-pegang-hpang dewasa tapi juga anak-anak. Game yang menarik dengan banyak animasi gambar dan suara membuat anak betah untuk berlama-lama memainkannya.

Anak memakai Gadget karena pemberian orang tua agar anaknya betah dirumah atau meminta karena melihat temannya sudah terlebih dahulu menggunakannya.

Sebagai orang tua, hati-hati dengan Gadget ini. Terutama jika anak kita berusia dibawah 3 tahun. Karena pada usia tersebut adalah masa tumbuh kembang anak terutama pada perkembangan otaknya. Terlalu sering bermain Gadget atau Smartphone dapat menghambat stimulus fisik atau motorik anak. Dan dapat menghambat perkembangan kognitif, sosial dan emosional anak.

Ketika sudah memegang Gadget atau Smartphone, biasanya anak akan terlalu fokus dan menjadi kurang bergerak. Pemakaian yang cukup hanya dengan sentuhan, juga dapat membuat motorik halus anak anak tidak berkembang sempurna sehingga dapat mengganggu kemampuannya dalam menggenggam atau mencengkram.

Sebagai orang tua, diharapkan untuk mengurangi anak-anaknya dalam menggunakan Gadget atau Smartphone. Mungkin bisa ditukar dengan permainan lain yang dapat lebih merangsang kemampuan motorik kasar dan halusnya. Dan juga sebagai orang tua bisa menghindari  menggunakan Gadget atau Smartphone dihadapan anaknya, sehingga sang anak tidak tergoda untuk ikut bermain Gadget  atau Smartphone juga.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 thoughts on “Efek samping Gadget terhadap tumbuh kembang anak