cover hujan

Persiapan Kendaraan di Musim Hujan


Saat musim hujan tentu membutuhkan kewaspadaan lebih bagi kita saat berkendara. Namun tak hanya itu, kondisi mobil dan semua fitur, khususnya yang dibutuhkan untuk menembus hujan patut kita perhitungkan. Akan sangat berbahaya kalau saat hujan di tengah perjalanan, ternyata fitur seperti wiper atau karet-karet pintu ternyata tidak dapat bekerja secara maksimal. Ketika musim hujan tiba hendaklah mempersiapkan kendaraan anda sebaik mungkin.

 

  • Perhatikan kondisi wiper

Saat kemarau, wiper ini banyak istirahatnya atau jarang sekali digunakan. namun ketika musim penghujan tiba, air di permukaan kaca tidak tersapu sempurna sehingga visibilitas Anda akan sangat terganggu. Jangan langsung ganti karet wiper. Coba bersihkan dulu karetnya dengan lap, karena debu dan kotoran bisa bikin karet wiper tidak lentur yang mengakibatkan tidak berfungsi menyeka air dengan optiomal.

Tak kalah penting adalah washer. Pastikan jumlah air di tabung washer terisi dan arah semprotan air wiper telah tepat. Gunakan cairan air wiper untuk memperoleh kebersihan kaca optimal.

Fitur intermmitent wiper kerap terlupakan saat rintik hujan. Padahal fitur ini mampu mengatur ritme wiper agar dapat disesuaikan dengan jumlah air hujan yang menempel di kaca.

 

  • Perhatikan kondisi ban mobil

Sebagai bagian yang menapak dengan tanah, tentu kondisi ban sangat menentukan tingkat traksi kendaraan. Saat melewati jalanan yang basah atau tergenang air,  Motifban kembang ban pun akan menjadi tumpuan agar ban tidak sampai melayang atau berjalan diatas air. Pastikan kondisi ban anda dalam kondisi baik dan layak untuk digunakan saat musim hujan tiba.

 

Kondisi tekanan angin, tapak permukaan ban, hingga kondisi ketebalan alur ban (Tread Wear Indicator/TWI) semuanya dapat dipantau dengan mudah. Pastikan kondisi tekanan angin tetap sesuai dengan kebutuhan ban, dan ketebalan alur ban masih dalam batas toleransi. Lakukan penggantian bila perlu atau jika memang terpaksa untuk berkendara maka berjalanlah dengan kecepat­an rendah dan tetap waspada.

 

  • Periksa kebocoran dan karet pintu

Kebocoran pada bodi mobil, atau karet pintu yang sudah tidak rapat tentu akan membuat perjalanan saat hujan menjadi terganggu. Bocor tersebut menyebabkan air masuk ke dalam kabin mobil. Cek kebocoran pada mobil serta kondisi karet-karet yang ada pada jendela mobil.

 

  • Pastikan AC dan Defogger bekerja

Saat musim hujan tiba, AC dan Defogger sangat berguna untuk mencegah timbulnya kabut atau embun pada kaca mobil yang dapat menghalangi pandangan pengemudi. Segera cek untuk memastikan AC dan Defogger pada mobil bekerja secara normal.

  •  Rem

Sebagai perangkat pengendali laju kendaraan, tentu kondisi rem perlu dicek. Kondisi rem yang tidak maksimal tentu akan membahayakan saat berkendara dalaremm kondisi hujan lantaran traksi ban sudah berkurang, maka kondisi rem pun haruslah berada pada kondisi optimal.

Tak hanya itu, fitur ABS dan Traction Control pun haruslah dalam kondisi siap bekerja. Pastikan indikator ABS tidak menyala ketika mobil sudah berjalan. karena jika indikator tersebut menyala, dikhawatirkan sistem ABS malfungsi dan rem mengunci ketika Anda harus mengerem mendadak. Sebaliknya, pastikan fitur Traction Control selalu dalam kondisi aktif. Jika fitur tersebut tidak aktif, indikator yang menunjukkan fitur tersebut tak berfungsi akan menyala di panel indikator.

Semoga informasi ini bermanfaat, sebentar lagi musim hujan tiba. Segera cek kondisi mobil anda. dan tetap aman dalam berkendara

* disadur dari berbagai nara sumber.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *