Pertalite sebagai pengganti Premium


Pertamina pada 24 Juli 20015 lalu memperkenalkan bahan bakar minyak (BBM) varian terbaru dengan nama Pertalite. Jenis BBM baru ini semakin menambah pilihan bagi pengguna mobil sewa atau rental yang selama ini hanya diberikan varian Premium dan Pertamax. Menurut penjelasan Pertamina, spesifikasi Pertalite memang dari segi kualitas lebih baik daripada Premium dengan jumlah Research Octane Number (RON) sebesar 90 dibandingkan dengan Premium yang hanya memiliki angka RON 88.

Saat ini pemasaran Pertalite masih dengan sistem uji coba yang dilaksanakan dibeberapa SPBU kota besar di Indonesia diantaranya SPBU di sekitar Jakarta, Surabaya dan Bandung yang nantinya akan bertambah ke daerah lain. Pada penjualan perdana Pertalite diberikan harga promo sebesar Rp.8.400,- hanya selisih Rp.1.100,- lebih mahal dari Premium waktu itu. Sebagai pembeda dengan Premium dan Pertamax, varian baru ini diberikan tambahani pewarna hijau dengan penampilan visual jernih dan terang.

Meskipun selisih RON Premium dan Pertalite hanya berselisih 2 poin, namun manfaat positif yang dirasakan lebih banyak, selain lebih irit pengguna yang sebelumnya menggunakan Premium untuk jangka panjang akan menambah ketahanan mesin serta merasakan performa mesin yang meningkat cukup signifikan. Untuk kendaraan yang memiliki kompresi 9,1-10,1 dan mobil tahun 2000 ke atas, Pertalite sangat direkomendasikan, terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI) atau mobil dengan teknologi injeksi bahan bakar secara elektronik.

Akan tetapi bagi pengguna kendaraan yang memiliki spesifikasi RON lebih tinggi, gunakanlah bahan bakar yang memang sesuai dengan spesifikasi mobil sewa atau rental untuk mencegah kerusakan terjadi pada kendaraan yang Anda sewa tersebut. Ada baiknya Anda tetap memakai bahan bakar yang sesuai jangan dipaksakan menggunakan bahan bakar Pertalite kalau memang tidak sesuai jika dengan alasan anggaran dana perjalanan.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *